Tips Cara Ampuh Agar Awet Muda dan Cantik Secara Alami

cara agar awet muda alami
gambar : Pixabay.com

Siapa yang tidak ingin memiliki penampilan awet muda dan cantik secara alami? Terlebih dengan bertambahnya usia, beban dan aktivitas yang kita emban pun terus bertambah. Semakin lama terjadi, dapat membuat kadar elastisitas dan kolagen dalam tubuh berkurang. Hasilnya, kulit akan mengendur dan tidak kencang lagi seperti sebelumnya.

Sebenarnya hal tersebut masih terbilang wajar. Karena yang namanya manusia pastilah akan menua pada waktunya. Tapi, bagaimana kalau penuaan tersebut dapat diperlambat dan membuatmu tetap memiliki penampilan yang awet muda dan cantik alami?

Ya, memiliki penampilan awet muda dan cantik di usia tua bukanlah hal mustahil saat ini. Kamu bisa menggunakan beberapa cara. Di antarnya dengan mendatangi klinik kecantikan dan mengonsumsi beragam produk anti-aging yang tersedia di pasaran. Namun, cara tersebut mengharuskanmu merogoh kocek lebih.

Untuk kamu yang merasa berat kalau harus mengeluarkan uang lebih, tak perlu khawatir.  Ada berbagai cara ampuh agar terlihat awet muda dan cantik secara alami. Cara ini tidak mengharuskanmu mengeluarkan uang dalam jumlah banyak. Sebaliknya, kamu bisa melakukannya tanpa harus keluar uang sepeser pun.

Tips Ampuh Agar Awet Muda dan Cantik Secara Alami

  1. Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh

Kesehatan kulit bukan hanya sekadar dari penampilan luar, tapi juga dari dalam. Oleh karena itu, pola makan sehat menjadi salah satu hal yang harus kamu perhatikan. Makanan yang kamu konsumsi memiliki peran untuk memenuhi keseimbangan gizi dan nutrisi pada kulit.

Kalau kamu ingin terlihat awet muda dan cantik secara alami, sebaiknya hindari mengonsumsi fast food atau makanan cepat saji. Hindari juga menu makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh, misalnya gorengan atau jeroan. Karena makanan tersebut tidak sehat bagi kulit.

Sebagai gantinya, kamu bisa mulai mengonsumsi berbagai makanan dengan kandungan yang baik untuk kulit. Seperti aneka sayur dan buah yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin, serat, dan mineral yang dibutuhkan oleh kulitmu.

Baca juga : Cara Agar Haid Lancar dan Teratur Tiap Bulan

  1. Konsumsi makanan dengan kandungan Omega-3

Lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan Omega-3 yang tinggi. Sudah menjadi rahasia umum bila kandungan Omega-3 pada makanan memiliki peran yang sangat bagus untuk kulitmu. Karena Omega-3 dapat menarik keluar lemak pada tubuh untuk kemudian digunakna sebagai energi.

Berbeda dengan makanan digoreng yang mengandung lemak jenuh, makanan dengan kandungan Omega-3 memiliki lemak sehat yang baik untuk kulit. Sangat cocok untuk membuatmu terlihat awet muda dan cantik secara alami.

Beberapa jenis bahan makanan yang mengandung Omega-3 antara lain adalah walnut,  salmon, biji-bijian. Bahan-bahan ini dapat kamu temukan dengan mudah di pasaran.

Baca juga : Tips Cara Agar Bibir Merah Alami Tanpa Lipstik

  1. Tidur nyenyak dan berkualitas

Jam tidur merupakan waktu penting bagi tubuh untuk beristirahat dari segala aktivitas yang dilakukan sebelumnya.  Pada waktu tidur inilah para sel akan melakukan regenerasi untuk memperbaiki tubuh kita. Termasuk pada bagian kulit.

Oleh karena itu, bila Anda menginginkan penampilan awet muda dan cantik secara alami, sebaiknya hindari kegiatan begadang di malam hari. Manfaatkanlah waktu tersebut untuk tidur dengan nyenyak dan berkualitas.

Di usia dewasa, jam tidur berkualitas memang bukan hal yang mudah didapatkan. Apalagi kalau kamu memiliki beban pekerjaan yang berat. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba agar tetap memiliki waktu istirahat yang cukup dan berkualitas.

Pertama adalah dengan mematikan lampu kamar agar otot matamu juga bisa ikut istirahat dengan maksimal. Kalau takut gelap, kamu bisa meredupkan lampunya saja. Cara lainnya adalah dengan menggunakan aromatherapy di dalam kamar. Wewangian tersebut dapat memberikn efek rileks pada tubuh dan membuatmu terlelap dengan cepat. Dengan begitu, memiliki penampilan awet muda dan cantik secara alami dapat terwujud.

Baca juga : Cara Agar Asi Melimpah dan Berkualitas Secara Alami

  1. Jangan sampai stress

Di usia yang semakin dewasa, beban aktivitas yang kita lakukan akan semakin banyak. Alhasil tubuh dan pikiran pun akan dipaksa untuk bekerja dengan lebih keras. Hal tersebut kemudian dapat membuat pikiran menjadi mudah stress.

Stress merupakan salah satu penyebab penuaan pada kulit yang banyak terjadi. Karena hampir tiap orang mengalami stress dalam aktivitasnya. Stress membuat emosi kita menjadi tak terkontrol dan kamu akan terlihat cemberut terus-menerus. Itulah yang nantinya memicu timbulnya keriput pada kulit wajah.

Dampak buruk lain dari stress adalah masalah pada kesehatan tubuh. Berbagai penyakit bisa muncul sebagai akibat daripada stress. Sebut saja depresi, gangguan kecemasan, insomnia, hipertensi, dan yang paling parah ialah memicu terjadinya serangan jantung.

Untuk mencegah terjadinya stress, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas yang dirasa menenangkan dan memberi kebahagiaan. Misalnya berolahraga ringan atau melakukan rekreasi bersama orang tercinta di hari libur. Tidur yang cukup juga bisa jadi salah satu cara menghindari stress.

Baca juga : Cara Agar Rambut Tidak Mengembang dan Keriting Setelah Keramas

  1. Hindari konsumsi alcohol dan kebiasaan rokok

Pola hidup sehat merupakan cara paling ampuh untuk memiliki penampilan awet muda dan cantik secara alami. Salah satu pola hidup sehat yang baik adalah dengan meninggalkan kebiasaan yang memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan. Seperti konsumsi alkohol dan merokok.

Sudah menjadi rahasia umum kalau rokok memiliki kandungan yang sangat buruk untuk kesehatan. Pun begitu dengan alkohol. Di mana minuman tersebut dapat memicu terjadinya penurunan kondisi kulit yang membuatmu terlihat lebih tua dari seharusnya. Maka itu, kalau kamu ingin terlihat awet muda dan cantik secara alami, sebaiknya mulai hindari konsumsi alkohol dan kebiasaan merokok sejak dini.

  1. Olahraga secara rutin dan teratur
cara agar awet muda dan cantik
gambar : Pixabay.com

Olahraga merupakan aktivitas yang emmiliki banyak manfaat, terutama bgi kesehatan. Dengan melakukan olahraga yang teratur dan ruti, otot-otot tubuh akan semakin mengencang sehingga membuatmu memiliki penampilan awet muda dan cantik secara alami.

Olahraga juga dapat mengurangi risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti diabetes, kanker, hingga jantung. Ada berbagai pilihan olahraga yang bisa kamu coba. Mulai dari sekadar berlari hingga yoga yang menenangkan.

Memiliki penampilan awet muda dan cantik secara alami sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Kamu hanya perlu memiliki pola hidup sehat, seperti yang tertera pada tips awet muda dan cantik secara alami tersebut. Selamat mencoba!

Baca juga : Tips Agar Tambah Disayang Suami Selamanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.