Tips Cara Menabung Cepat ala Pelajar

Tips Cara Menabung Cepat ala Pelajar
Gambar : Pixabay.com

Tips Cara Menabung Cepat ala Pelajar

Setiap orang harus menabung agar memiliki dana cadangan, ketika terjadi kebutuhan yang mendesak. Tidak terkecuali untuk para pelajar. Sekalipun belum memiliki penghasilan sendiri, menabung sangatlah penting bagi seorang pelajar. Terlebih untuk pelajar yang telah memasuki usia remaja, tentunya kebutuhan akan semakin meningkat. Maka dari itu, guna mewujudkan keinginannya tersebut harus mengetahui cara menabung cepat ala pelajar.

Kebutuhan pelajar selain keperluan untuk membeli berbagai peralatan sekolah juga membutuhkan gadget sebagai sarana komunikasi dan menaikan gengsi di depan teman-temannya. Bagi beberapa pelajar yang memiliki orang tua berpenghasilan berlebihan, keinginan untuk memiliki gadget pribadi tersebut cukup dengan cara meminta kepada orangtua. Guna mewujudkan keinginannya tersebut, pelajar harus mengetahui cara menabung cepat ala pelajar agar keinginannya bisa terwujud.

Berbeda hal nya dengan pelajar yang tidak memfasilitasi anaknya dengan pemenuhan keinginan untuk memiliki gadget. Untuk pelajar ini, diwajibkan untuk menabung sebagai solusinya. Agar dapat segera memiliki gadget tersebut, harus mengetahui cara menabung cepat ala pelajar. Disamping dapat memenuhi keinginannya, juga dapat mengajarkan pelajar tersebut lebih berhemat.

  1. Berkonsultasi Pada Orang Tua Ketika Menerima Uang Saku

Rata-rata pelajar di Indonesia masih menerima uang saku dari orang tuanya untuk bekal ke sekolah. Dengan demikian, agar dapat menggunakan uang tersebut dengan bijak sebaiknya untuk menanyakan kepada orang tua atas besaran uang saku tersebut. Dengan berkonsultasi bisa dikatakan tips cara menabung cepat ala pelajar, karena orang tua akan memberikan saran terbaiknya.

Dengan berkonsultasi pun, orang tua akan menganjurkan untuk menabung atas sebagian uang yang telah diberikan. Hal tersebut dapat memotivasi pelajar sebagai cara menabung cepat ala pelajar. Dengan demikian pelajar mengetahui antara kebutuhan yang harus dibeli dengan keinginannya.

  1. Menetapkan Target Menabung
tips cara menabung uang
Gambar : Pixabay.com

Setiap orang yang menabung tentunya memiliki target barang yang akan dibelinya. Tidak terkecuali bagi pelajar yang ingin membeli peralatan sekolah dengan uang pribadi misalnya. Tips selanjutnya cara menabung cepat ala pelajar ini harus menetapkan target yang akan dibelinya.

Tips cara menabung cepat ala pelajar ini harus dilakukan agar lebih fokus terhadap target barang yang akan dibeli ketika uang sudah terkumpul. Dengan demikian bisa menjadi penyemangat bagi para pelajar untuk terus menabung. Misalnya dengan menuliskan pada secarik kertas barang yang akan diargetkan untuk dibeli. Kertas tersebut bisa ditempel di dinding kamar agar dapat menjadi penyemangat.

Baca juga : 6 Tips Sehat Dan Tetap Bugar di Musim Penghujan

  1. Menabung di Wali Kelas

Tips berikutnya sebagai cara menabung cepat ala pelajar adalah menabung di wali kelas. Setiap wali kelas pada beberapa sekolah akan menawarkan untuk menabung. Bahkan beberapa peraturan sekolah mewajibkan untuk menabung di wali kelas tersebut. Manfaatkan kesempatan tersebut karena pelajar tidak akan tertarik untuk mengambil uang setiap saat.

Berbeda hal nya dengan menabung di bank misalnya, dimana pelajar akan difasilitasi kartu ATM. Dengan demikian lebih mudah tergoda untuk menarik uang kapan saja. Maka dari itu, menabung di wali kelas cukup efektif sebagai cara menabung cepat ala pelajar.  Dengan demikian keinginan pun bisa segera terwujud.

  1. Membawa Bekal Ke Sekolah

Cara menabung cepat ala pelajar bisa dengan cara melakukan tips ini, yaitu membawa bekal ke sekolah. Disamping lebih hemat uang saku, dengan membawa bekal ke sekolah pun jauh lebih sehat karena makanannya jauh lebih higienis dibandingkan dengan jajan sembarangan. Bagi orang tua yang bijak dan tidak memiliki kesibukan untuk bekerja akan memberikan bekal tersebut kepada anaknya.

Beberapa orang tua akan memberikan bekal ke sekolah, tapi dengan memberikan uang saku yang lebih kecil. Hal tersebut dimaksudkan agar anak tidak terlalu jajan di sekolah. Namun jangan khawatir, uang saku yang diberikan bisa ditabung sepenuhnya sebagai cara menabung cepat ala pelajar. Dengan demikian, tabungan pun bisa lebih cepat terkumpul.

Baca juga : 8 Tips Menjaga Cinta Dan Keharmonisan Dalam Rumah Tangga

  1. Bergaya Sesuai Dengan Kapasitas

Sebagian pelajar ketika datang ke sekolah ingin terlihat tampil keren dan berbeda di depan teman-temannya. Dengan demikian, diantara mereka sering memaksakan diri dengan menggunakan uang sakunya untuk membeli perlengkapan yang menurutnya dapat membuatnya tampil keren. Sehingga dapat mengakibatkan penggunaan uangnya menjadi lebih boros.

Cara menabung cepat ala pelajar sebaiknya bergaya sesuai dengan kapasitasnya ketika datang ke sekolah. Tidak terlalu memaksakan diri untuk tampil lebih hebat dengan teman lainnya sehingga dapat menghamburkan uang saku yang diberikan oleh orang tua. Dengan demikianb tidak memiliki dana untuk menabung.

  1. Manfaatkan Uang Receh untuk Menabung di Celengan
tips cara menabung dirumah
Gambar : Pixabay.com

Sebagai pelajar yang belum memiliki penghasilan sendiri, tentunya akan memiliki banyak uang receh. Walaupun sekedar receh, manfaatkan uang tersebut untuk ditabung di celengan. Hal tersebut merupakan cara menabung cepat ala pelajar. Ibarat kata pepatah, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Dengan demikian manfaatkan uang receh tersebut sebagai cara menabung cepat ala pelajar. Terlebih uang receh lebih mudah didapatkan bagi para pelajar karena dari sisa uang saku yang digunakan untuk jajan di sekolah. Belilah celengan yang lucu, agar memberikan semangat untuk menabung uang receh tersebut.

Itulah tips cara menabung cepat ala pelajar. Tidak bisa dipungkiri, semakin meningkatnya zaman kebutuhan manusia pun semakin meningkat, termasuk untuk pelajar. Sekalipun pelajar tersebut belum memiliki penghasilan pribadi namun setidaknya bisa belajar untuk mengatur uang dari uang pemberian orang tuanya agar dimanfaatkan dengan bijak.

Baca juga : Tips Hemat & Bisa Menabung Yang Menyenangkan Tanpa Paksaan & Tekanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.