Tips Hemat & Bisa Menabung Yang Menyenangkan Tanpa Paksaan & Tekanan

Tips Hemat & Bisa Menabung Yang Menyenangkan Tanpa Paksaan & Tekanan – Menabung sebenarnya bukanlah hal yang sulit, namun  keinginan belanja setiap hari kadang sulit ditahan. Kegiatan berbelanja selalu menjadi hal menyenangkan, mulai dari anak muda hingga orang tua,  laki-laki maupun perempuan senang jika bisa berbelanja.

Belanja bukanlah kegiatan yang dilarang, asalkan menerapkan aturan agar tidak bikin dompet kosong sebelum akhir bulan atau  bisa menyisihkan uang untuk ditabung. Jika aturan tidak dilakukan maka bisa sangat berpotensi menimbulkan masalah, salah satunya utang.

Berikut ini kami akan berbagi informasi yang bisa dijadikan aturan agar bisa berhemat dan menabung yang bisa Anda aplikasikan.

Baca juga : Langkah Tepat Dan Cepat Mengatasi Masalah Handphone Yang Kemasukan Air

  1. Hindari Beli Sesuatu Yang Tidak Dibutuhkan

Kadang kita tidak sadar barang yang dibeli ternyata tidak begitu penting. Hasrat belanja barang atas dasar keinginan memang sangat menggoda, seakan lupa apa yang dibutuhkan. Apalagi jika sedang musim diskon.

Untuk mencegah hal tersebut, sebelum belanja tulislah barang-barang yang dibutuhkan dan tulis kalimat yang bisa mencegah Anda belanja barang yang tidak penting. Carilah barang berkualitas yang harganya murah. Membeli barang yang berkualitas, awet dan tahan lama merupakan tips mencegah pengeluaran karena jika mudah rusak terpaksa Anda harus beli barang baru.

  1. Hindari Beli Barang Yang Sudah Ada

Terlalu banyak barang di rumah, kadang jadi mudah lupa barang-barang yang sudah punya. Karena lupa, akhirnya beli barang tersebut. Untuk mencegah pemborosan model ini, mulailah disiplin menyimpan/meletakkan barang di tempatnya semula.

Jika Anda ingin membeli sesuatu, jangan terburu-buru membelinya. Ingat-ingatlah kembali, apakah barang itu sudah punya atau belum dan cek bagaimana kondisinya.

Baca juga : Tips Untung Beli Rumah Yang Sudah Jadi & Bangun Dari Nol

  1. Membeli Sesuatu Yang Dibutuhkan

Dua barang yang kadang tidak disadari dibeli terlalu banyak atau tidak sesuai dengan kebutuhan adalah makanan dan pakaian karena dua barang tersebut visualnya bisa menarik perhatian mata. Jika kebiasaan ini dibiarkan terus menerus sangat disayangkan.

Banyak pakaian yang tidak digunakan dan menumpuk lalu dibuang, terlalu banyak makanan yang dibeli pada akhirnya tidak dimakan karena basi atau busuk.

  1. Menyusun Anggaran Belanja

Jika Anda terlalu boros setiap bulannya, artinya ada masalah pada anggaran keuangan. Susunlah laporan dan anggaran keuangan belanja bulanan Anda.Buatlah beberapa kebijakan yang bisa menghentikan pemborosan. Gunakan perhitungan dan pertimbangan yang cermat dan masuk akal.

Tidak cukup hanya menyusun anggaran saja, tapi harus sampai penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Lakukan secara bertahap namun pasti. Lambat laun jadi terbiasa dengan pola yang diterapkan.

Baca juga : Ini 5 Aplikasi Yang Harus Dimiliki Pebisnis Online

  1. Evaluasi Penyebab Mengapa Boros Dan Cari Solusinya

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab orang senang belanja diluar kebutuhannya. Hal ini bisa karena kebiasaan orang tersebut. Contohnya, ada orang yang suka belanja untuk mengisi waktu. Jika belanja karena alasan itu atau alasan lainnya yang tidak wajar, sebaiknya mulai cari solusi.

Misalnya, mengikuti kegiatan atau mencoba aktivitas lain untuk menghilangkan rasa bosan, bertemu teman atau sekedar baca buku, atau nonton film. Jika mengetahui kelemahan diri sendiri, maka pemborosan bisa dengan mudah diatasi.

Demikian 5 tips berhemat yang bisa Anda coba lakukan. Pada dasarnya, sebagian dari kita pernah mengalami kegagalan dalam mengatur dan mengelola keuangan. Meskipun berbagai cara dan metode sudah dilakukan, seringkali muncul alasan membelanjakan uang Anda untuk sesuatu yang tidak penting/tidak terlalu dibutuhkan.

Jika dirasa berat atau belum terbiasa cobalah lakukan secara bertahap, jangan terlalu ekstrim karena bisa menjadi sulit atau mustahil. Lakukan dari hal-hal yang kecil terlebih dulu dan jadikan rutinitas berulang setiap harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.