Tips Remaja Menjaga Hawa Nafsu

Tips Remaja Menjaga Hawa Nafsu – Islam merupakan agama yang paripurna. Segala bentuk permasalahan kehidupan manusia memiliki aturan di dalam Islam dan aturan tersebut berfungsi untuk memecahkan segala permasalahan tersebut.

Saat ini, sebagian dari remaja kita dihadapkan pada permasalahan mengenai pergaulan yang sudah sangat melenceng dari norma dan rambu-rambu agama. Islam sejatinya memiliki solusi atau pemecah dari aturannya untuk menjaga remaja dari terumbarnya hawa nafsu tanpa ada batasan.

Berikut adalah beberapa aturan dalam Islam yang dapat menjaga remaja.

Baca juga : Hukum Islam Ihyaul Mawat, Menghidupkan Tanah Mati

Menjaga Pergaulan

Satu hal ini menjadi hal utama yang harus dilakukan untuk mengontrol pergaulan remaja. Islam sejatinya memberikan aturan mengenai keterpisahan antara pria dan wanita. Pria dan wanita tidak dibiarkan untuk bercampur baur tanpa ada alasan yang syar’i. Hal ini semata untuk menjaga keduanya karena tabiat dasar dari keduanya akan mudah untuk terstimulate hawa nafsunya dengan interaksi yang intens di antara keduanya.

Tidak Khalwat

Khalwat pun menjadi satu bagian dari menjaga pergaulan. Remaja tidak diperbolehkan untuk berdua-duaan antara lawan jenis. Jika memang dihadapkan pada satu kondisi yang mengharuskan berdua-duaan maka harus dihadirkan orang ketiga, bisa dari ayah di wanita, saudara laki-laki sewanita yang masih mahrom, mahrom si wanita lainnya atau dari kalangan wanita muslim.

Baca juga : Umar Bin Khatab, Bapak Ekonomi Islam

Penjagaan islam dalam hal khalwat ini begitu dahsyat faidahnya dalam menjaga hubungan pria dan wanita dalam masyarakat. Berapa banyak kasus perzinaan yang hanya dimulai dari kondisi berdua-duaan. Yang pada awalnya memang tidak mengandung unsur syahwat namun akhirnya kedua masuk ke dalam perangkap setan dari aktivitas khalwat ini. Sebagaimana yang telah disebutkan Nabi Saw bahwa tidaklah boleh seorang wanita berdua-duaan dengan laki-laki asing kalau tidak yang ketiga di antara mereka adalah setan.

Menjaga Pandangan

Penjagaan selanjutnya dalam islam dalam menjaga tatanan sosial adalah syariat menjaga pandangan. Hal ini dapat ditemukan pada surat An Nur ayat 30 di mana Allah SWT menyerukan pada laki-laki beriman untuk menjaganya pandangannya.

Bahkan dalam satu riwayat, Rasul Saw pernah memalingkan wajah dari satu sahabat yang bertemu dengan seorang wanita cantik dalam satu perjalanan dengan Rasul. Kemudian, Rasul Saw segera memalingkan wajah sahabat tersebut karena terus menerus melihat dan memandang kepada wanita cantik tersebut.

Baca juga : Ayah, Jagalah Keluargamu Dari Api Neraka

Pandangan memang menjadi hal yang biasa saja. Namun, pandangan juga bisa menjadi awal dari segala bentuk tindakan yang melanggar syara’. Untuk itu, Islam pun sangat menjaga dari pandangan ini. Dengan artian adalah tidak pecicilan dalam melihat kepada lawan jenis.

Menutup Aurat

Penjagaan Islam memang sangat berlapis dalam menjaga pergaulan antara pria dan wanita. Selain dari beberapa penjagaan yang telah disebutkan di atas, penjagaan lainnya adalah masalah aurat. Dalam Islam, aurat adalah bagian tubuh yang harus ditutupi. Dan tersingkapnya aurat sangat bisa menjadi jalan untuk merangsang hawa nafsu lawan jenis.

Untuk itu, Islam memberikan syariat dalam menutup aurat. Aurat wanita adalah seluruh permukaan tubuhnya kecuali wajah dan kedua telapak tangan sedangkan bagian tubuh laki-laki yang harus ditutup adalah dari pusat sampai lutut. Dan bagian tubuh inilah yang harus ditutup.

Baca juga : Malaikat Pun Mendoakan Beberapa Golongan Orang IniĀ 

Tatanan sosial menjadi satu komponen penting pembentuk peradaban. Jika tatanan sosial ini rusak, rusak pula peradaban tersebut. Islam sangat memberikan perhatian besar terhadap penjagaan tatanan sosial ini karena perabadan Islam melahirkan sebuah kejayaan dan kemuliaan.

Beberapa hal di atas adalah syariat Islam yang mengatur mulianya sebuah tatanan sosial. Dan semua itu dapat digunakan sebagai rambu-rambu untuk menjaga remaja kita saat ini dari hawa nafsu mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.