Tips Untung Beli Rumah Yang Sudah Jadi & Bangun Dari Nol

Tips Untung Beli Rumah Yang Sudah Jadi & Bangun Dari Nol – Memiliki hunian milik sendiri adalah harapan semua orang. Walaupun bisa sewa rumah, memiliki rumah milik pribadi harus dilakukan agar hidup lebih tenang dan tidak ada tanggungan biaya sewa setiap tahun atau bulan.

Ada dua cara untuk mendapatkan rumah, yaitu yang Pertama dengan membeli rumah langsung jadi, bisa di perumahan atau pemukiman penduduk. Sedangkan yang kedua membeli lahan lalu membangun sendiri. Pertanyaannya mana yang lebih menguntungkan membangun rumah sendiri atau membeli rumah jadi?

Jika Anda masih bingung dan ragu memilih salah satunya, berikut ini kami akan berbagi apa saja keuntungan dan kekurangan yang bisa diperoleh dari keduanya. Dengan harapan bisa dijadikan pertimbangan dan membantu Anda memilih pilihan yang tepat agar tidak menyesal di masa yang akan datang.

Baca juga : 5 Tips mudah dan sederhana agar rumah tetap nyaman

Keuntungan Dan Kekurangan Beli Rumah Sudah Jadi

  • Lebih hemat biaya karena tidak perlu membangun dari awal. Anda bisa langsung menempatinya. Jika Anda termasuk keluarga baru, membeli rumah jadi bisa menjadi pilihan tepat karena bisa fokus ke langkah selanjutnya, misalnya menabung, memulai bisnis, dan lainnya.
  • Lebih praktis karena langsung ditepati. Bagi Anda yang memiliki aktivitas padat membeli rumah bisa menjadi pilihan tepat.
  • Menghemat biaya tempat tinggal dengan sistem in house. Anda sudah bisa menempati rumah sambil membayar kredit cicilan, jadi tidak perlu membayar kontrakan rumah.
  • Karena tidak perlu keluar dana untuk pembangunan, maka Anda bisa menabung untuk biaya jika sewaktu-waktu harus/akan merenovasi bangunan rumah.

Baca juga : Sejumlah Cara Terlarang Dalam Pengembagan Harta

Selain kelebihan, membeli rumah sudah jadi terdapat pula kekurangan, seperti desain ruangan yang bisa saja tidak sesuai dengan yang diidam-idamkan, sehingga dibutuhkan renovasi. Selain itu jika Anda membeli rumah dengan sistem kredit maka terikat jadwal cicilan.

Keuntungan Dan Kekurangan Membangun Rumah Sendiri

  • Desain rumah bisa sesuai dengan keinginan. Bagaimana ruangannya, tata letaknya, bentuknya bisa didiskusikan. Beberapa desain rumah kekinian bisa diatur budgetnya tanpa harus mengeluarkan budget yang besar. Agar hasilnya maksimal sesuai harapan, cari informasi sebanyak-banyaknya yang berhubungan dengan desain, model dan perhitungan dana. Selain itu, ikuti proses pembuatannya. Hasilnya akan lebih berkesan karena Anda terlibat langsung dan ada sentuhan kreativitas sendiri.
  • Pembangunannya bisa disesuaikan dengan budget, cocok bagi Anda yang memiliki penghasilan tidak tentu. Pada waktu tidak ada biaya, pembangunan bisa dihentikan sementara sambil menunggu dana terkumpul. Agar hasil bangunan rumah kokoh dan sesuai keinginan gunakanlah jasa konsultan arsitektur yang profesional dan berpengalaman, tentu saja menggunakan jasa ahli Anda harus mengeluarkan tambahan budget.

Kekurangan membangun rumah sendiri adalah harus memiliki lahan/tanah. Teliti dan hati-hatilah saat membeli lahan, perhatikan status dan surat tanah tersebut. Selain itu, membangun rumah sendiri harus mengumpulkan bahan-bahan bangunan dan menunggu pembangunan rumah yang membutuhkan waktu lumayan lama. Artinya sampai pembangunan rumah selesai, harus sewa/ngontrak rumah sementara.

Baca juga : Ini 5 Aplikasi Yang Harus Dimiliki Pebisnis Online 

Demikian ulasan keuntungan dan kelebihan membeli rumah siap huni atau membangun sendiri yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. Karena rumah merupakan kebutuhan yang penting maka sebaiknya jangan tunda menarget memiliki rumah sendiri.

Apapun pilihannya, baik membangun sendiri atau beli yang sudah siap huni sama-sama untung, tergantung kebutuhan dan keinginan masing-masing. Namun pastikan Anda menyimak kembali panduan lengkap membeli rumah siap huni ataupun membangun sendiri agar tidak salah langkah dan menyesal di kemudian hari. Semoga artikel ini bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.