Waspada! Ini 3 Yang Harus Tahu Dari Tontonan Youtube Untuk Anak

Blogyudi.com – Internet ibarat dua mata pisau, bisa berdampak negatif sekaligus positif. Termasuk di dalamnya Youtube. Hingga saat ini Youtube menjadi situs yang paling populer dan banyak dikunjungi termasuk oleh anak-anak.

Youtube bisa menjadi sumber belajar atau hiburan untuk anak-anak, apapun yang mereka ingin pelajari hampir semuanya tersedia. Anak-anak bisa dengan mudah menonton kartun yang disukainya, bebas memilih episode berapapun.

Namun tidak heran jika orang tua merasa was-was karena tidak sedikit kita menemukan konten-konten negatif di Youtube yang tidak sesuai dengan usianya. Bahkan tidak sedikit kita menemukan konten dewasa yang dibungkus kartun yang disukai anak-anak.

Oleh sebab itu, peran orangtua sangatlah penting untuk terus mengawasi apa yang anak tonton mengingat bahayanya konten negatif.

Baca juga : 5 Strategi Menyiapkan Dana Pendidikan Untuk Anak

Berikut ini dampak positif dan negatif Youtube untuk anak-anak.

Dampak Positif

  1. Sebagai Media Belajar

Anak-anak lebih mudah mengingat dan memahami sesuatu dengan menggunakan media visual seperti video ilustrasi, dibandingkan baca buku. Di Youtube ada banyak konten edukasi yang memberikan materi pelajaran.

  1. Membuat Anak Berpikir Kreatif

Banyak konten video Youtube yang memberikan tutorial membuat kerajinan, seperti membuat kerajinan dari bahan bekas. Anak akan meniru atau mencoba membuat apa yang ada di video, seperti: membuat mainan yang ia inginkan. Walaupun hal ini dapat membuat anak menjadi lebih kreatif, tetap harus diawasi jangan sampai bahan yang digunakan berbahaya.

Baca juga : 6 Tips Agar Tidak Mudah Tertular Batuk dan Pilek

  1. Menghilangkan Bosan

Tidak hanya anak-anak, banyak orang dewasa yang menonton video Youtube untuk mengusir rasa bosan. Anak-anak umumnya akan menonton film kartun favorit sepuasnya tanpa harus menunggu jam tayang.

Tapi jika berlebihan bisa berdampak negatif.  Di depan layar smartphone atau laptop terlalu lama bisa berdampak pada kesehatan mata dan tubuhnya. Masih banyak hal menarik lainnya yang bisa dijadikan penghilang rasa bosan, seperti bermain bersama teman-temannya.

Dampak Negatif

  1. Membuat Anak Menjadi Kurang Disiplin

Biasanya anak larut atau ketagihan menonton, sehingga menyebabkan tidak peduli dengan sekelilingnya. Hal ini dapat membuat anak menjadi tidak disiplin. Solusinya jangan biarkan anak terlalu lama menonton Youtube.

  1. Menonton Tayangan Yang Tidak Sesuai Umur

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, sekarang banyak konten video dewasa seperti: asusila, kekerasan, yang bisa kita temukan di Youtube. Masalah ini harus diwaspadai, pilihlah konten yang akan ditonton anak. Sekarang Youtube menyediakan fitur khusus anak-anak, yaitu Youtube for Kids.

  1. Mengabaikan Tugas Sekolah

Karena terlalu asik nonton Youtube bisa membuat anak mengabaikan tugas disekolah. Untuk mengatasi masalah ini, batasilah penggunaan Youtube maksimal dua jam sehari. Selain itu biasakan anak-anak boleh menonton setelah tugas sekolahnya selesai.

Demikian dampak positif dan negatif Youtube untuk anak, semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Baca juga : Jangan Ucapkan Kalimat Ini Saat Anak Melakukan Kesalahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.