Waspada Pneumonia! Begini 5 Tips Sederhana Untuk Mencegahnya

Blogyudi.com – Pneumonia atau yang lebih sering disebut sebagai radang paru-paru merupakan salah satu penyakit yang sering dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Padahal, penyakit tersebut merupakan penyakit yang menyumbang angka kematian yang cukup besar di dunia.

Penyakit pneumonia terjadi karena terjadinya infeksi pada paru-paru yang disebabkan karena infeksi pada saluran pernapasan atas, tenggorokan dan juga hidung. Penyakit tersebut merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat menular dan dapat menjangkiti siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Meskipun terindikasi sebagai salah satu penyakit yang berbahaya. Namun jangan khawatir, karena penyakit pneumonia ini bisa dicegah. Kurangi risikonya dengan menerapkan beberapa tips-tips berikut ini.

Baca juga : Siapa Saja Yang Menjadi Penghuni Surga?

  1. Vaksinasi Pneumonia

Pneumonia dapat menjangkiti siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Oleh sebab itu, untuk mencegah resiko terjangkitnya penyakit tersebut. Anda perlu melakukan vaksinasi khusus untuk mencegah Pneumonia.

Selain vaksin khusus Pneumonia, ada beberapa vaksin lain yang dapat diandalkan untuk mencegah bakteri dan virus penyebab penyakit tersebut. Salah satunya adalah vaksin partusis (batuk rejan), campak, dan juga cacar air.

  1. Menjaga Kebersihan Diri

Menjaga kebersihan menjadi salah satu langkah jitu untuk melindungi diri dari serangan berbagai macam virus dan bakteri. Salah satu langkah sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan rajin mencuci tangan setelah beraktifitas sebelum menyentuh makanan dan juga setelah bersentuhan dengan toilet.

Meskipun sederhana dan sangat sepele, menjaga tangan agar tetap bersih mampu membuat Anda tetap sehat. Serta terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan.

Baca juga : 7 Cara Mengatasi Rasa Kesepian Untuk Hidup Lebih Bahagia

  1. Menjaga Pola Hidup Sehat

Menjaga pola hidup sehat, makan makanan yang bergizi serta olahraga teratur akan membuat tubuh tidak hanya lebih sehat.  Tetapi juga meningkatkan imunitas dan membuatnya mampu bertahan terhadap berbagai serangan penyakit. Pastikan asupan makanan Anda tidak jauh – jauh dari buah dan sayuran ya?

  1. Hindari Merokok

Pneumonia atau yang sering disebut sebagai paru-paru basah ini juga bisa hadir karena kebiasaan buruk seseorang, salah satunya adalah merokok. Asap rokok dapat membuat paru-paru menjadi rusak dan membuatnya mudah terinfeksi.

Jadi, untuk mencegah hal tersebut, maka menghindari kebiasaan buruk merokok ini sangat dianjurkan. Tidak hanya untuk perokok aktif, hal ini juga berlaku untuk perokok pasif ya?  Karena perokok pasif pun sama besar peluangnya untuk mengalami kerusakan dan infeksi pada organ paru-paru.

  1. Hindari Minuman Beralkohol

Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol terbukti tidak baik bagi kesehatan tubuh.  Salah satunya adalah untuk organ paru-paru. Alkohol dapat membuat daya tahan paru-paru Anda menjadi berkurang dan mudah terkena penyakit. Salah satunya adalah penyakit Pneumonia dan juga komplikasinya.

Itulah tadi beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mencegah Pneumonia. Di tengah bermunculannya berbagai macam penyakit beberapa waktu ini. Kita memang dituntut untuk selalu waspada dan tanggap untuk menjaga kesehatan ya?

Baca juga : Ciri-Ciri Orang Yang Pasti Sukses Berbisnis Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.