Yang Harus Disiapkan Untuk Bisnis Online Kuliner

Yang Harus Disiapkan Untuk Bisnis Online KulinerKuliner menjadi salah satu bisnis online yang paling menjanjikan, terlebih dari masa ke masa tak pernah ada yang bosan untuk menyantap makanan dan minuman enak. Ditambah lagi, sekarang kuliner bisa diolah dengan unik dan menarik, dibalut dengan packaging dan promosi yang menarik, akhirnya bisa menarik minat calon pembeli.

Tertarik untuk terjun ke dunia bisnis online kuliner? Pastikan anda memiliki persiapan di bawah ini, ya!

Baca juga : 5 Tips agar rumah tetap nyaman

  • Kuliner Yang Akan Dijual

Hal pertama yang harus disiapkan adalah jenis makanan yang akan dijual, tentunya anda sudah memikirkan hal ini sebelum memulai usaha, bukan? Pastikan makanan yang akan anda jual adalah makanan yang unik, namun disukai banyak orang. Contohnya makanan olahan susu, keju, daging-dagingan atau kue.

Anda bisa menciptakan kreasi makanan anda sendiri dan menjadi ciri khas, atau bisa juga mengembangkan kuliner yang sudah ada, sehingga menjadi lebih baru dan bervariasi rasanya. Tetapi jika anda ingin menjual makanan-makanan yang sedang viral pun boleh-boleh saja. Semuanya tergantung anda sebagai calon penjual.

Baca juga : 7 Tips Agar Anak Mau Belajar Tanpa Paksaan Dan Tekanan

  • Label Dan Kemasan

Apabila ingin memproduksi makanan sendiri maka pastikan sudah memiliki label sendiri supaya lebih profesional. Anda bisa mendesainnya sendiri atau meminta bantuan pada orang yang lebih ahli. Label tersebut bisa ditempel di kemasan produk, atau dicetak pada kemasannya supaya lebih praktis.

Kemasan juga harus diperhatikan, apakah anda akan menggunakan kemasan dus, plastik, atau kantong kertas? Namun untuk bisnis online, membungkus makanan dengan kantong kertas tentu rawan rusak di perjalanan, sebaiknya dibungkus lagi dengan menggunakan kantong plastik.

  • Pengiriman Produk

Hal lain yang harus diperhatikan adalah memilih kurir atau jasa pengiriman, pilihlah yang menyediakan pengiriman lebih cepat dan menjangkau lebih banyak daerah, atau setidaknya berikan pilihan pada pembeli untuk memilih kurirnya sendiri.

Anda juga bisa memanfaatkan jasa pengiriman ojek online, untuk pengiriman makanan yang mudah basi  dan harus dilakukan satu hari. Tapi biasanya itu dilakukan untuk pemesanan di dalam kota saja, dan dilakukan di kota besar.

Baca juga : Cara Membuat Konten Medsos Yang Menjual Untuk Olshop

  • Toko Online

Anda juga harus memikirkan dengan baik, apakah akan berjualan di toko online sendiri (misal membuat akun medsos, atau website jualan sendiri) atau bergabung dengan marketplace supaya tinggal mempromosikan dagangan saja, semuanya tergantung kebijakan anda masing-masing. Sebab jika anda memilih untuk membuka toko online di keduanya pun tak ada masalah.

  • Tim Marketing

Yang terakhir adalah tim marketing yang handal, untuk awal-awal mungkin anda bisa menanganinya sendiri, utamanya jika bisnis belum berjalan pesat seperti brand besar. Namun setelah usaha mulai berjalan, dan pesanan makin banyak, maka anda harus menyiapkan tim marketing yang akan bertugas untuk mempromosikan produk secara tepat.

Mungkin anda harus menyewa tim yang profesional, walau tarifnya tak murah namun hasilnya tentu tak perlu dipertanyakan lagi. Bisa juga dengan mengajari orang baru teknik marketing yang anda kuasai, lebih murah, namun tentu saja hasilnya pun tak sedahsyat hasil profesional, walau begitu lambat laun hasilnya akan lebih baik, kok!

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum memulai bisnis kuliner, pastikan anda sudah mempersiapkan semuanya dengan baik, sehingga saat usaha dimulai tak perlu kelimpungan karena satu dan lain hal mendasar yang belum terpenuhi.

Menurut anda, bisnis kuliner apa yang akan viral di tahun 2020? Share di komentar, ya!

Baca juga : 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.